Inilah Cara Efektif Cutting Tanpa Steroid

By binaraga / Published on Kamis, 17 Nov 2016 12:36 PM / No Comments / 19433 views

Cutting termasuk fase penting bagi orang yang sedang menjalani pembentukan otot tubuh. Sukses atau tidaknya proses cutting inilah yang menentukan hasil akhir perjuangan memiliki tubuh indah, ramping, dan berotot kuat. Ya, berotot kuat tidak berarti bertubuh besar. Sebaliknya, bertubuh ramping tidak berarti tidak berotot kuat. Karena bisa jadi yang besar itu bukanlah otot, melainkan lemak.

Proses cutting memerlukan kerja keras dan ekstra sabar. Kerja keras di sini adalah latihan fisik yang terjadwal dan terarah. Jadwal ini harus ditepati tanpa ada bolong-bolong atau ada latihan yang terlewatkan. Konsistensi dan disiplin sangatlah penting demi mendapatkan hasil optimal seperti yang diharapkan. Faktor penting lainnya yang harus dijaga ketat adalah pola makan. Ini sangat menentukan tingkat keberhasilan cutting karena makanan merupakan bahan bakar utamanya. Salah pemilihan jenis makanan dan porsinya, bisa menghambat kelancaran cutting. Jika Anda hendak memulai cutting, lakukan cutting tanpa steroid untuk hasil terbaik.

inilah-cara-efektif-cutting-tanpa-steroid
inilah-cara-efektif-cutting-tanpa-steroid

Memahami Cutting yang Sesungguhnya

Cutting adalah proses memangkas lemak dalam tubuh tanpa mengurangi berat otot. Dalam proses ini, lemak tubuh diturunkan serendah-rendahnya, sedangkan berat otot dinaikkan sebanyak-banyaknya. Cutting harus dilakukan dengan benar. Jika tidak, maka hasilnya adalah kegagalan. Tujuan utama dari cutting adalah mendapatkan otot kering tanpa lemak.

Menurunkan lemak tubuh dalam cutting tidaklah sama seperti umumnya menurunkan berat badan. Yang diukur bukanlah berat badan secara keseluruhan, tapi dibedakan antara berat lemak dengan berat otot. Dalam program penurunan berat badan biasa, masa otot akan otomatis ikut turun seiring dengan turunnya berat badan dan hilangnya lemak tubuh. Dalam cutting, prinsipnya adalah lemak harus turun tetapi otot tidak boleh menyusut sedikitpun.

Beras Protein ” Makan Beras Dan Ber OTOT ” 

Hal ini sangat mungkin jika dilakukan dengan cara yang tepat. Kuncinya adalah latihan dan kesabaran. Buatlah latihan yang wajar untuk cutting alami. Pembakaran lemak secara drastis akan membuat otot turut menyusut. Cara yang lebih baik adalah dengan menetapkan target yang wajar. Misalnya targetkan untuk membakar lemak 2kg setiap bulannya. Jika target terlalu tinggi, artinya penurunan berat badan drastis, justru akan membuat massa otot menyusut drastis juga.

Di kalangan pemula, banyak terjadi kesalahan paham mengenai cutting. Proses pembakaran lemak ini seringkali dilakukan dengan cara yang salah. Meskipun tujuannya adalah membuang lemak tubuh sebanyak-banyaknya, caranya tidak bisa sembarangan. Mereka yang awam menganggap bahwa meningkatkan frekuensi latihan akan menggenjot pembakaran lemak. Mereka yang tidak sabar bahkan menggunakan bantuan obat pelangsing, pembakar lemak atau fatburner, dan semacamnya. Ada juga yang mengurangi porsi makannya secara besar-besaran agar berat badan lekas turun. Ini sangat keliru.

Ada batasan tertentu yang harus dipatuhi agar cutting berjalan sesuai harapan. Ingat, prinsip utamanya adalah membakar lemak tanpa mengurangi masa otot. Karenanya, pola latihan dan pola makan harus terprogram. Agar lebih terukur, sebaiknya patuhi rumus (TDEE – (berat badan (kg) X 7 kalori)). TDEE (Total Daily Energy Expenditure) adalah jumlah kalori yang dibakar tubuh selama sehari. TDEE seseorang bisa dihitung menggunakan kalkulator TDEE dengan memasukan data berat badan, tinggi badan, dan usia.

inilah-cara-efektif-cutting-tanpa-steroid-1
inilah-cara-efektif-cutting-tanpa-steroid-1

Misalnya jika Anda memiliki berat badan 70kg dengan TDEE 2.000 kalori, maka jumlah minimal yang diperlukan tubuh adalah (2.000 – (70X7))= 1.510 kalori. Maka, pastikan makanan yang Anda makan tidak kurang dari 1.510 kalori. Jika kurang maka masa otot Anda bisa menyusut.

Jika cutting berhasil dilakukan, Anda bisa melanjutkannya dengan bulking, yaitu proses menaikan masa otot tanpa disertai kenaikan lemak tubuh. Menaikan berat otot tidak semudah menaikan berat lemak. Tubuh manusia tidak memiliki batasan untuk kenaikan berat lemak. Kita bisa menaikan lemak dalam tubuh sebanyak apapun yang kita mau dan dalam jangka waktu berapa pun yang kita mau. Tapi bulking tidak bisa seperti itu. Menaikan berat otot memerlukan waktu lebih lama karena tubuh memiliki keterbatasan untuk itu. Kemampuan otot untuk naik sangat terbatas meskipun digenjot dengan latihan seberat apapun.

Misalnya, pada pemula yang baru memulai latihan, otot baru bisa digenjot untuk naik hingga 1kg setiap bulannya. Tapi pada mereka yang telah bertahun-tahun latihan, otot baru akan lebih sulit bertambah. Kenaikan 1kg otot secara alami bisa diperoleh hingga 1 tahun lamanya.

Cutting Tanpa Steroid

Cutting memerlukan kesabaran ekstra karena memang memerlukan waktu yang cukup panjang. Tidak ada jalan pintas yang bisa dilakukan untuk mempercepat cutting. Kalaupun ada yang mengklaim bisa cutting dalam waktu singkat, bisa dipastikan hasilnya tidak sebagus jika dilakukan secara wajar.

Di kalangan fitnes mania, banyak yang merasa tidak sabar menjalani masa cutting sehingga menempuh jalan coba-coba. Di antaranya adalah dengan menggunakan bantuan suplemen steroid. Penggunaan steroid untuk cutting sangat tidak dianjurkan. Otot yang terbentuk dari steroid tidak setahan otot yang terbentuk alami. Steroid memang bisa bekerja lebih cepat tapi efeknya bersifat sementara. Otot akan terus memerlukan asupan steroid untuk mempertahankan dirinya, sehingga terjadilah ketergantungan. Padahal, penggunaan steroid dalam jangka panjang sangat beresiko menimbulkan efek samping berbahaya.

Pola Hidup Selama Cutting

Keberhasilan cutting sangat ditentukan oleh cara kita memperlakukan tubuh. Pola hidup kita bisa menjadi penunjang ataupun penghambat upaya cutting. Secara umum, ada beberapa faktor yang mempengaruhi cutting secara langsung, yaitu pola latihan, pola makan, pola istirahat, dan pola suplementasi.

Pola latihan haruslah terencana, terukur, dan terarah sesuai target. Pahami tujuan latihan dan lakukan tahapan-tahapannya dengan benar. Pastikan bahwa jadwal latihan mencakup semua latihan bagi semua otot tubuh secara merata. Lakukan latihan dengan pengawasan instruktur berpengalaman untuk menghindari kesalahan maupun resiko cedera.

inilah-cara-efektif-cutting-tanpa-steroid-2
inilah-cara-efektif-cutting-tanpa-steroid-2

Pola makan pada fase cutting tentunya berbeda dengan fase lainnya. Pada masa ini, karbohidrat dan lemak harus dikurangi, sedangkan protein harus ditinggikan. Protein merupakan zat utama pembangun otot tubuh. Lakukan makan dengan jadwal lebih sering, yaitu 5 – 6 kali setiap harinya. Sumber protein yang baik bisa diperoleh dari daging ayang tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, putih telur, dan whey protein.

Sumber karbohidrat yang disarankan adalah beras merah atau hitam, roti gandum, kentang, serta oatmeal. Sedangkan sumber lemak yang baik bisa diperoleh dari kacang almond, minyak ikan, olive oil, dan alpukat. Jangan lupa untuk selalu menyertakan sayuran hijau dan buah-buahan segar. Hindari makanan yang digoreng karena minyak adalah sumber lemak jahat. Selain itu, proses menggoreng makanan akan mengurangi dan merusak kandungan protein di dalamnya.

Pola istirahat harus diperhatikan benar karena inilah waktu yang diperlukan otot untuk memperbaiki diri. Pada saat latihan, otot bekerja sangat keras sehingga menyebabkan kerusakan sel-sel jaringannya. Dengan istirahat yang cukup, maka otot mendapatkan waktu yang cukup untuk memperbaiki kerusakan tersebut, sekaligus membangun jaringan baru.

Pola suplemantasi mencakup pemilihan jenis suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan cara pakai yang benar sesuai aturan. Di pasaran saat ini banyak tersedia suplemen fitnes dengan beragam kandungan dan manfaat. Jangan sampai salah memilih suplemen agar proses cutting menunjukan hasil optimal. Baca aturan pakainya dengan seksama agar manfaat suplemen tersebut terserap sempurna oleh tubuh.

Demikian informasi mengenai cutting tanpa steroid. Semoga bermanfaat.

 

kotak-irice

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button