15 Tips Binaraga Untuk Para Pemula

0
31
15 Tips Binaraga Untuk Para Pemula
15 Tips Binaraga Untuk Para Pemula

15 Tips Binaraga Untuk Para Pemula

Apabila anda baru saja terjun ke dunia binaraga dan anda mau meningkatkan latihan, berikut ini adalah beberapa tips yang bermanfaat dan bisa membantu latihan anda. Anda tidak harus menginginkan perbaikan yang besar dalam semalam, namun massa otot secara perlahan-lahan akan tumbuh dari waktu ke waktu.

Di sini anda di tuntut untuk mempunyai kesabaran penuh dan fokus pada diet dan latihan anda biar mendapatkan hasil yang memuaskan, berikut ada beberapa tips yang kami berikan pada kalian untuk yang menginginkan badan besar seperti para binaraga :

1. Melakukan gerakan gabungan

Walaupun anda mungkin tertarik untuk mencoba setiap jenis latihan yang anda lihat di website atau majalah kebugaran, anda harus tetap fokus pada gerakan dasar pertama. Latihan seperti deadlift, squat, military shoulder press dan barbell bench press ialah latihan yang tidak bisa dilewatkan dalam rutinitas latihan anda.

2. Berlatih memakai  barbell dan dumbell

Meskipun tempat gym di abad modern saat ini sudah dipenuhi dengan mesin yang mengkilap dan mewah, tapi mereka tidak akan membantu anda untuk membangun dasar yang kuat dalam hal massa otot. Barbell dan dumbel ialah alat yang terbaik saat anda datang untuk membangun otot, terutama untuk para pemula.

15 Tips Binaraga Untuk Para Pemula

3. Janganlah berlatih setiap hari

Apabila anda menyewa seorang pelatih pribadi atau binaragawan, mereka tahu program apa yang cocok untuk anda, anda harus mempunyai rutinitas sebanyak 3 atau 4 latihan perminggu. Sebagai pemula, anda tak perlu berlatih lebih sering dari yang telah dijadwalkan. Anda bisa menghabiskan hari-hari lain dalam satu minggu untuk mengistirahatkan dan memulihkan otot.

4. Mempunyai program dan fokus di dalamnya

Anda tidak bisa cuma pergi ke tempat gym dan melakukan apa pun yang anda inginkan pada saat itu. Anda mesti mempunyai rutinitas yang ketat dan mengikutinya dengan erat. Mintalah pelatih pribadi atau menyewa seorang binaragawan untuk memberikan anda program yang mencakup latihan yang perlu dilakukan dengan tepat, jumlah set dan jumlah repetisi persetnya. Saat anda menginjakkan kaki di tempat gym, anda perlu tahu secara persis apa yang anda lakukan di dalam sesi latihan.

5. Mempelajari posisi yang benar di dalam setiap latihan

Meski anda mungkin tertarik untuk melihat seberapa banyak yang bisa anda angkat, anda harus mulai dengan beban yang lebih rendah dan mempelajari posisi yang tepat dari setiap latihan.

6. Melatih setiap kelompok otot setiap minggu

Saat anda mengambil banyak latihan di tempat gym, hal tersebut tidak akan membantu badan anda berkembang dengan cepat; sebaliknya apabila anda berlatih terlalu sedikit, pun massa otot badan anda tidak akan meningkat. Anda perlu melatih setiap kelompok otot setidaknya sekali setiap minggu.

7. Selamanya berhati-hati

Saat anda sampai ke titik memakai beban yang berat, pakai sabuk pengaman untuk melindungi punggung bawah. Anda mungkin tidak mempunyai masalah untuk saat ini, namun anda pasti tidak mau mempunyai masalah di masa depan nantinya.

8. Meningkatkan beban secara bertahap

Setelah anda menguasai setiap posisi yang benar di dalam setiap latihan, anda perlu mulai untuk meningkatkan beban secara bertahap. Lacaklah seberapa banyak anda bisa mengangkat beban di setiap latihan diiringi dengan sedikit meningkatkan beban angkatan setiap 2 minggu sekali. Hal ini akan meningkatkan kekuatan anda dan memberikan keuntungan pada otot anda.

9. Mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang di keluarkan tubuh

Dalam rangka membangun otot badan, anda perlu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang anda keluarkan. Pakai kalkulator kalori untuk mengetahui BMR (Basal Metabolic Rate) anda dan sesuaikan menurut seberapa aktif pekerjaan anda sehari-hari. Apabila anda mempunyai pekerjaan yang tidak begitu mengaktifkan tenaga tubuh, anda akan memerlukan lebih sedikit kalori dan apabila anda begitu aktif maka anda akan memerlukan lebih banyak kalori.

15 Tips Binaraga Untuk Para Pemula

10. Mengonsumsi protein lebih banyak

Protein begitu penting untuk membangun otot badan dan dia bisa ditemukan pada makanan seperti ikan, ayam, produk susu, telur, susu dan jenis sayuran atau kacang-kacanagan. Kebanyakan para pakar kesehatan merekomendasikan setidaknya mengonsumsi 1 gram protein per pon berat badan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mengonsumsi protein lebih banyak setiap hari tentu sulit, tapi janganlah lupa untuk menambahkan protein shake juga.

11. Hindari junk food

Saya mengerti anda mau sekali meningkatkan berat badan. Namun anda mau meningkatkan massa otot, bukan lemak! Konsumsilah makanan berkualitas seperti protein tanpa lemak, lemak sehat dan karbohidrat kompleks serta menghindari junk food, permen dan makanan berlemak. Hanya satu cara untuk meningkatkan berat badan dengan cepat adalah ketika anda mengkonsumsi karbohidrat (biasanya makanan yang mempunyai banyak tepung putih atau gula) tepat sesudah anda menjalani latihan.

12. Makan lebih sering

Anda harus makan sebanyak 4 sampai 5 kali per hari dan konsumsilah setiap 3 sampai 4 jam. Jauhi keadaan lapar.

13. Istirahat dan memulihkan

Otot badan anda tidak akan berkembang saat anda sedang menjalani latihan, namun mereka berkembang saat anda sedang tidur. Jadi, pastikan anda mendapatkan cukup tidur setiap malam (sekitar 8 sampai 9 jam).

14. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

 border=

Tidak hanya makronutrisi (karbohidrat, protein dan lemak), badan anda juga perlu mikronutrisi (mineral dan vitamin). Jadi, pastikan anda mengonsumsi banyak sayur mayur dan buah-buahan setiap hari.

15. Bertindak seperti olahragawan

Cobalah untuk menjalani gaya hidup sehat dan menghindari alkohol, roko dan kebiasaan buruk yang tidak sehat lainnya sebisa mungkin.

Tips untuk pemula yang mau mendapatkan perut six-pack, bisa kita simak dibawah ini :

1. Mengonsumsi makanan sebanyak 6 kali satu hari tidak akan membuat six-pack berkembang dengan cepat

Apabila anda berpikir bahwa anda harus makan sebanyak 6 sampai lebih dengan jeda 2-3 jam satu hari untuk menghilangkan lemak di dalam perut anda, jadi anda telah salah besar. Mari saya jelaskan secara singkat, badan kita merespon dan memulihkan diri dari tekanan dan stress. Jawaban dari pertanyaan ini adalah “Menurut anda kapan badan kita memerlukan kalori dari makanan?”

Apabila anda mengatakan setelah melakukan latihan yang melelahkan atau bekerja keras dalam pekerjaan, maka anda benar. Setelah bekerja keras, apakah anda merasakan lapar? Saya yakin anda pasti lapar. Ini merupakan sinyal sehat bahwa badan begitu membutuhkan kalori dari makanan yang anda makan.

Anda harus memikirkan berkaitan jadwal gizi dan rencana. Apakah anda sudah mengonsumsi sebagian besar kalori sesudah anda menjalani latihan? Apakah anda mengonsumsi sedikit kalori saat anda sedang duduk di kursi atau tidak bergerak sama sekali?

Saat badan anda tidak aktif dan anda mengonsumsi banyak kalori, hal ini akan menjadi kontraproduktif saat anda sedang tidak beraktifitas. Selama masa ini, badan anda tidak membakar kalori dalam jumlah yang besar dan badan anda kemungkinan besar akan merubah beberapa kalori ke dalam bentuk glikogen dan lemak.

2. Melakukan latihan perut secara terus-menerus tidak berarti mendapatkan six-pack

Melakukan latihan perut secara terus-menerus ke dalam latihan anda, tidak berarti anda akan mendapatkan six-pack dengan cepat. Ini sama halnya dengan anda menambahkan sebuah mesin yang kuat untuk mobil anda tapi tidak menjamin mobil anda akan “melaju” dengan cepat.

Apabila anda mau membuat six-pack lebih terlihat dan lebih pasti, anda perlu melihat pada pola makan, gizi dan jumlah kardio yang anda lakukan . Untuk mendapatkan six-pack, anda perlu mengonsumsi makanan bersih dan menghitung jumlah kalori yang masuk disaat anda mengonsumsi makanan di siang hari. Anda tak perlu melakukan latihan perut secara rutin, namun anda perlu fokus pada gizi dan persyaratannya.

Dalam rangka untuk membakar lemak dari perut anda sekaligus juga mendapatkan six-pack, anda perlu mengurangi kalori. Itu artinya anda bisa menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan memakai Base Metabolic Rate (BMR) untuk membantu anda. Sesudah mendapatkan jumlah kalori yang sesuai dari badan anda, setidaknya anda harus mengurangi sebanayk 500 kalori. Ikuti jumlah kalori ini setiap hari selama 3 minggu. Sesudah 3 minggu, anda akan mendapatkan badan ideal.

BACA Juga >>> https://binaragaindonesia.com/program-latihan-otot-tangan-bicep-di-inferno-gym-jakarta-putu-sembah/

Mau Usaha Fitness center KLIK FITPROINDONESIA.com