Salah satu latihan mengencangkan otot paling efektif adalah posisi Plank. Ya, sikap menahan tubuh seperti orang push-up ini tenyata punya banyak manfaat menakjubkan.

3-cara-mengencangkan-otot-dengan-latihan-plank
3-cara-mengencangkan-otot-dengan-latihan-plank

Plank merupakan posisi tumpuan yang statis. Variasi cara mengencanglan otot ini tidak menuntut Anda masuk ke arena gym. Plank bisa dilakukan dari rumah, setelah atau sebelum olahraga kardio. Dijamin setumpuk lemak dan kalori akan terbakar sempurna.
Berbagai variasi Plank berikut ini dapat akan membantu Anda untuk menyusutkan lemak, sekaligus mengencangkan otot perut, paha, dan juga lengan.
1. Dolphin Plank
Pertama siapkan sebuah matras berbidang datar. Kemudian ambil posisi tubuh push-up. Letakkan siku dan lengan bawah pada matras, dan bertumpulah pada kedua kaki Anda.
Angkatlah bagian perut dan pinggul setinggi mungkin sehingga membentuk huruf V terbalik. Tahan selama beberapa detik, sebelum kembali lagi pada posisi semula.
2. One Arm Plank
Dalam posisi push-up, kaki lurus ke belakang dan tahan lipatan siku tangan. Angkat tubuh Anda, kencangkan bagian perut sampai dengan paha. Luruskan lengan tangan kiri ke depan, tahan selama beberapa detik. Bergantian dengan tangan kanan, repetisi hingga beberapa kali dan semampu Anda.
3. Plank Lateral Hip
Posisi plank ini dilakukan secara menyamping. Caranya putar tubuh ke kiri dan letakkan tangan kiri di sisi tubuh. Tahan beberapa detik dan l;akukan juga pada sisi yang lainnya.
Itulah tiga contoh posisi Plank tetapi masih banyak lagi variasinya. Masing-masing posisi dapat bertahan hingga 1 menit, dengan pengulangan 10 hingga 12 kali repetisi. Ya, latihan mengencangkan otot ini akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak, dibanding posisi sit-up atau push-up. Semoga berhasil.

back-i-rice