Binaraga Indonesia

316

Di Indonesia, binaraga mulai dikenal sejak tahun 1950-an setelah perang kemerdekaan Indonesia. Kejuaraan binaraga Mr. Indonesia pernah digelar pada tahun 1952. Binaraga pun dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga SEA Games dan Pekan Olahraga Nasional. Otoritas binaraga nasional Indonesia adalah Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI). Dalam perkembangannya cabang binaraga memisahkan diri dari PABBSI lalu terbentuklah Persatuan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI) lalu kemudia terbentuk pula Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PERBAFI) yang bernaung dibawah NABBA/WFF (National Amateur BodyBuilding Asscociation/World Fitness Federation)

Atlet binaraga terkenal Indonesia antara lain Levi Rumbewas, Asrelawandi, Ade Rai, dan Ricky Syamsuri. Ade Rai cukup terkenal sebagai tokoh yang mempopulerkan dunia fitness dan binaraga kepada masyarakat luas, ia kerap muncul sebagai bintang iklan. Kontes binaraga di Indonesia misalnya Mr. Indonesia, Siswaraga untuk amatir dan Pestaraga.

Seiring dengan berkembangnya ksadaran masyarakat terkait dengan masalah kebugaran, fasilitas gelanggang olahraga, gym atau fitness center (pusat kebugaran) juga semakin marak untuk ditemui, banyak orang yang berolah raga angkat beban untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal dan tidak sedikit yang mulai melirik olahraga binaraga dengan memulainya melalui ajang body contest. perkembangan industri ini menjadi semakin berkembang hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya produk penunjang seperti suplemen, aparell, maupun peralatan fitness yang semakin membanjiri pasar tanah air, sehingga membuktikan bahwa kedepannya olahraga binaraga juga akan semakin berkembang dan akan menghasilkan bibit-bibit atlet baru yang akan mengharumkan bangsa Indonesia.

referensi https://id.wikipedia.org/wiki/Binaraga