Seperti layaknya perempuan, lelaki juga memiliki kebanggaan masing-masing akan penampilan fisik mereka. Salah satunya adalah dengan penampilan sempurna otot dada mereka. Bahkan tak jarang banyak lelaki yang pergi ke gym hanya untuk mendapatkan dada yang bidang.

cara-membentuk-otot-dada-agar-ideal
cara-membentuk-otot-dada-agar-ideal

Untuk membentuk otot-otot yang ada di dada, kita harus melakukan latihan yang terprogram di gym bersama seorang instruktur. Akan tetapi, sebenarnya kita bisa melakukan latihan sendiri di rumah tanpa menggunakan alat apapun.
Push up adalah salah satu jenis latihan yang paling tepat untuk membentuk dada menjadi bidang. Dengan beberapa variasi gerakan berikut ini, maka otot akan terbentuk dengan sempurna.
– Plyometric Push Up. Gerakannya sama dengan push up biasa, hanya saja saat mengangkat tubuh ke atas hingga tangan terangkat. Latihan ini baik untuk otot dada dengan trisep.
– Rotation Push Up. Lakukan push up dengan sebelah tangan yang diangkat ke atas dan posisi tubuh menyamping, diamkan selama tiga detik dan lakukan untuk sisi sebelahnya lagi.
Selain Push Up, ada juga latihan Pull Up yang membuat otot dada dan punggung bagian bawah jadi lebih kencang. Chair dips untuk membentuk otot dada, bahu dan trisep, langkah-langkahnya adalah dengan menumpukan berat badan pada lengan di atas dua kursi, kemudian gerakkan badan naik turun di antara kedua kursi tersebut.