Cara memperkuat “Jaringan Tendon”

52
Tendon Achilles

Mengenal terlebih dahulu pengertian dari Tendon. Tendon juga kerap di sebut sebagai (Urat atau Sinew). Tendon merupakan sekumpulan dari jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang.

Jaringan ini memiliki pengaruh yang kuat dalam menahan tegangan. Jaringan tendon memiliki kesamaan dengan Ligamen dan Fascia. Tendon, ligamen, dan fascia ketiga jaringan tersebut terbuat dari kolagen.

Ligamen memiliki fungsi sebagai penghubung tulang dengan tulang lainnya, sedangkan fascia memiliki fungsi sebagai penghubung antara otot dengan otot. Sedangkan Tendon dan otot bekerja sama untuk menggerakkan kerangka tubuh.

Sama halnya dengan otot, Tendon juga harus di perkuat, sebab tendon juga dapat mencegah terjadinya cedera pada saat latihan meningkatkan badan, atletik, dan menambah kecepatan lari cepat jarak pendek.

Metode 1 (Latihan penguatan tendon)
A. Lakukan gerakan dengan posisi setengah jongkok
Untuk melakukan gerakan ini mulailah dengan membuka kedua kaki anda selebar bahu. Lalu mulailah dengan perlahan-lahan dengan menekuk lutut anda dan turunkan tubuh anda secara perlahan sampai posisi pinggul anda lebih rendah dari lutut anda. Lakukan gerakan ini selama 10 detik dan angkat tubuh anda dan lakukan gerakan ini sekuat tenaga anda.

Wiki How

B. Lakukan gerakan dengan posisi jongkok menggunakan barbell
Apabila anda sering melakukan gerakan ini tanpa beban maka cobalah variasikan latihan ini menggunakan beban. Latihan ini dapat di kombinasikan dengan barbell dan alat Power Rack atau Half Rack.
Caranya yakni, letakkan barbell di bahu anda, dan lakukan gerakan ini beberapa set. 1setnya dapat di lakukan sebanyak 8 – 12 repetisi.

Wiki Hows

C. Lakukan latihan dengan menggunakan tumit
Latihan ini sangat mudah dan murah di lakukan. Latihan ini dapat di lakukan di bidang yang tidak datar. Latihan ini dapat melatih tendon achilles yang menghubungkan otot betis dan tulang tumit.
Cara melakukan gerakan ini yakni :
– Mulailah berdiri di tempat yang agak tinggi
– Jejakkan telapak kaki anda sambil memiarkan tumit anda menggantung
– Angkatlah tubuh anda dengan berjinjit
– Lalu turunkan lagi tubuh anda perlahan-lahan sampai anda tertekan ke bawah sejauh yang anda bisa
– Lalu cobalah bertahan dengan posisi ini sebelum anda kembali lagi ke posisi semula

Wiki How

D. Lakukan latihan tendon trisep dengan berbaring
Latihan ini memiliki manfaat sebagai pembentuk otot tendon trisep anda. Cara melakukannya yakni :
– Mulailah dengan posisi terbaring telentang diatas bangku/bench
– Peganglah olympic bar dan luruskan kedua lengan anda keatas dan tegak lurus dengan dada anda dan lantai sambil menarik kedua siku anda saling mendekat ke arah dalam
– Usahakan jagalah agar lengan atas anda tidak bergerak
– Tekuklah kedua siku anda untuk menurunkan olympic bar sampai hampir menyentuh dahi anda
– Lalu kembali lagi ke posisi semula

Wiki How

Sumber : WikiHow