Cara Mempertahankan Pelanggan Gym Menggunakan Gym Software

55
software gym
software gym

Cara Mempertahankan Pelanggan Gym Menggunakan Gym Software

Ada kalimat lama yang mengatakan bahwa lebih mudah meraih daripada mempertahankan, begitu halnya dengan pelanggan gym atau member. Terbilang mudah jika ingin mendapatkan pelanggan yang mau mendaftar, tetapi untuk memperpanjang membership? Mungkin hanya setengah dari jumlah total member di gym anda. Apakah yang salah?

Sistem manajemen yang ketinggalan zaman bisa jadi, karena sekarang semua gym yang maju dengan banyak member menggunakan best gym software tersendiri. Dengan perangkat lunak tersebut mereka bisa mengatur semua administrasi dari a-z tanpa repot. Manajemen senang, klien pun apalagi. Walaupun ada nominalgym software membership bulanan atau tahunan yang harus diperhatikan oleh pemilik gym, namun melihat hasilnya untuk kemajuan bisnis, hal itu tentu sepadan.

Apa hal yang membuat pelanggan enggan memperbarui member mereka? Apalagi jika menggunakan kartu kredit? Mereka khawatir akan penipuan internet dan berbagai clickbait yang sering terjadi. Maka karena itu, anda sebagai pemilik gym harus mampu membangun kepercayaan pelanggan, sehingga loyalitas mereka bisa tetap terjaga.

Supaya bisa lebih optimal dalam mempertahankan pelanggan gym, cobalah melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Dapatkan Kepercayaan Pelanggan Dari Awal Pendaftaran

Karena memperpanjang member bisa jadi hal yang mengerikan, maka anda harus meraih kepercayaan pelanggan sejak pertama kali mereka mendaftar. Pastikan anda telah menjelaskan dengan sangat detail semua term and condition member di gym anda. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana tapi padat, sehingga pelanggan paham dan percaya. Jika ada sistem pembaruan otomatis (umumnya bagi pelanggan yang mendaftar dengan kartu kredit) maka jelaskan dengan rinci di awal, sehingga mereka tak akan merasa tertipu saat tiba-tiba ada notifikasi perpanjangan member pada tagihan kartu kredit mereka.

  • Jangan Ada Perjanjian Ambigu

Jangan sampai pelanggan anda merasa tertipu dengan sistem yang anda gunakan saat ini, semua penawaran yang diberikan harus jelas dan terbuka, apalagi urusan harga dan sistem pembayaran. Memanfaatkan fitur gym software membership bagi masing-masing member bisa membantu, asalkan penawaran dijelaskan dengan baik, diberikan keleluasaan dalam memilih sistem pembayaran (cash atau kredit) maka member akan merasa lebih nyaman. Dengan adanyabest gym software yang anda pilih maka bisa mencatat perjanjian antar gym dan member dengan detail dan rinci.

  • Setelah Mendapatkan Member, Pertahankan!

Cobalah anda mengecek daftar member, apakah ada member yang tak menggunakan member mereka untuk melakukan aktivitas di gym, atau mengabaikan tagihan membership walau sudah diingatkan berulang kali? Hal itu menjadi penanda bahwa mereka merasa telah membayar untuk sesuatu yang tak membuat mereka bahagia dan tak ingin memperpanjangnya lagi.

Bisa jadi karena mereka merasa diabaikan dan tidak diperlakukan dengan baik. Maka karena itu, usahakan untuk selalu menjaga hubungan dengan para member, baik itu dari staff gym saat bertemu dengan para member, maupun melalui pengiriman buletin elektronik secara berkala, kirimlah ucapan selamat ulang tahun melalui email dan ucapan terima kasih spesial bagi para member yang aktif dalam aktivitas gym.

Semua hal tersebut bisa menjadi lebih mudah dengan manajemen yang baik, pastikan anda juga sudah menguasai betul software management gym yang telah anda pilih, sehingga biaya gym software membership yang anda keluarkan tidak sia-sia. Jalankan tips untuk mempertahankan pelanggan, dukung dengan sistem perangkat lunak terbaik untuk manajemen gym yang lebih profesional dan jadikan bisnis anda terus berkembang!