Cara Menguatkan Sistem Imun (Metode 1-4)

189
Sumber : Alodokter

Kesehatan adalah impian dari semua orang. Meskipun ada banyak cara agar kita tetap sehat namun ada salah satu cara yang terbaik untuk melawan sakit adalah dengan cara mencegahnya.
Berikut adalah beberapa cara agar kita tetap menjaga kesehatan :

Metode 1 (Menjaga kesehatan tubuh anda)

1.Olahraga lah secara rutin

Dengan berolahraga dengan skala sedang akan dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Berikut adalah cara olahraga dengan itensitas sedang :
– Lakukan jogging setiap hari dengan rentan waktu 30 menit.
– Jadikan jogging sebagai hiburan, agar tidak bosan
– Jika anda tidak menyukai olahraga joging, lakukan lah rekreasi dengan nuansa alam.

2. Jemurlah tubuh anda di sinar matahari

Kebanyakan dari beberapa orang mengalami defisiensi Vitamin D yang mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan. Adapun cara untuk meningkatkan kadar Vitamin D adalah sebagai berikut yang pertama yakni dengan cara memaparkan tubuh kita di bawah sinar matahari. Cara ini lebih baik di lakukan di awal pagi hari.

3. Tidurlah kurang lebih 7-8 jam setiap hari

Kenapa di anjurkan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya? karena orang yang tidurnya tidak teratur, lebih rentan akan sakit. Dengan tidur yang cukup di malam hari, akan membuatmu akan terasa lebih bugar di pagi harinya.

4. Stop merokok

Melakukan tindakan merokok dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Kenapa? karena di dalam rokok memiliki beberapa kandungan kimia yang tidak cocok untuk tubuh manusia. Bahkan kita berada di lingkungan orang perokok (Kita perokok pasif ) pun akan membuat sistem imun tubuh kita akan menurun.

5. Hindari meminum Kafein dan Alkohol

Mengkonsumsi Kafein dan Alkohol secara berlebihan tidak bagus untuk tubuh kita, karena akan mengurani sistem imun. Alangkah lebih baiknya kita mengkonsumsi air yang lebih alami contohnya : Air putih ataupun Minuman Rempah-rempah. Dengan minum minuman yang alami secara seimbang dan rutin, otomatis tubuh kita akan lebih bugar dan sehat.

Metode 2 ( Jaga Kesehatan Pikiran )

1.Kurangi rasa stress

Terdapat beberapa jenis stress, namun stress kronis adalah tingkatan stress yang paling berbahaya atau bahkan bisa menjadi musuh terbesar pada sistem imun. Adapun beberapa cara agar kita terhindar dari stress :
– Lakukan olahraga ringan (Yoga atau Meditasi).
– Jika anda stress terhadap lingkungan pekerjaan, usahakan untuk tidak berkecimbung di pekerjaan tersebut untuk sementara waktu.
– Lakukan terapi pikiran anda, contohnya yakni refresing ke alam yang memiliki udara yang segar.


2. Habiskan waktu bersama orang tersayang

Melakukan sosialisasi kepada orang lain akan membantu anda untuk meningkkatkan mental positif serta sistem imun. Namun apabila kita berkumpul dengan banyak orang sedikit banyak akan rawan juga, dikarenakan kita tidak tahu orang mana yang akan membawa virus atau kuman dan dapat meningkatkan potensi tertular. Namun melakukan sosialisasi kepada orang tersayang atau orang lain jauh lebih besar keuntungannya ketimbang akan resiko terpapar kuman.

3. Tertawa setiap saat

Dengan tertawa setiap saat akan membuat tubuh kita merasa lebih bahagia. Serta dengan tersenyum, dapat meingkatkan sistem imun yang lebih sehat. Adapun beberapa cara agar dapat melatih senyum kita :
– Menonton film komedi
– Mendengarkan pelawak yang sedang beraksi
– Pergilah bersama teman anda yang memiliki sifat konyol atau kocak

4. Peliharalah hewan peliharaan

Apabila anda memiliki sifat kecemasan sosial (Sosial Anxiety) atau anda tinggal di lingkungan yang memiliki nilai sosial yang rendah, maka solusi ini cukup menarik, kenapa ? karena dengan kita memelihara hewan yang memiliki tingkah lucu dan menggemaskan akan merangsang otak kita untuk mengajak hewan peliharaan kita bermain bersama. Dengan bermain bersama secara tidak sadar kita akan merasa happy dan hal tersebut dapat meningkatkan sistem imun kita.

Metode 3 (Mengatur Pola Makan)

1.Konsumsi banyak air

Dengan mengkonsumsi banyak air, akan menjadikan kita terhindar dari dehidrasi. Karena air memiliki beberapa ion baik yang dibutuhkan oleh tubuh dan sistem imun. Usahakan anda minum 7-8 gelas air setiap harinya. Dengan mengkonsumsi air dapat membantu kita lebih terjaga dari sakit punggung akibat terlalu lama duduk.


2. Perbanyak maka sayur dan buah

Di dalam sayur dan buah-buahan terdapa banyak vitamin yang bagus untuk tubuh. Dengan mengkonsaumsi vitamin akan dapat menjaga sistem imun kita. Langkah memilih buah dan sayur yang baik :
– Pilih sayur dan buah yang segar ataupun memiliki warna cerah (Tidak Layu)
– Buah-buahan Citrus memiliki kandungan Vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem imun apabila di konsumsi setiap hari

3. Konsumsi bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat sebagai antibakteri, antivirus, dan antikanker. Hal itu telah banyak di kaji oleh beberapa sumber. Meskipun pernyataan tersebutbelum terbukti kuat secara ilmiah namun telah banyak penelitian yang mendukung bahwa bawang putih dapat melawan penyakit.

4. Kurangi mengkonsumsi gula

Gula dapat menyebabkan bertambahnya berat badan, apabila di konsumsi secara berlebihan serta dapat mengurangi kestabilan sistem imun kita. Bahkan makanan yang tampaknya tidak manis, juga dapat memiliki kandungan gula atauu sirup jagung. Maka bacalah dengan teliti label gizi pada kemasannya.

Metode 4 (Konsumsi Suplemen Nutrisi)

1.Konsumsi multivitamin

Meskipun beberapa makanan umum telah memiliki vitamin terbaik, namun mengkonsumsi multivitamin juga akan membantu anda untuk memastikan tidak ketinggalan nutrisi penting lainnya. Multivitamin yang baik yakni dari herbal.

2. Konsumsi probiotik

Nama lain dari probiotik yakni bakteri baik. Bakteri baik memiliki peran sebagai membantu pencernaan dan menyerap makanan dengan lebih efektif Namun konsep probiotik ini relatif baru dan sepenuh efeknya pada tubuh manusia belum keseluruhan diketahui. Sebelum mengkonsumsi produk probiotik maka lakukan riset terlebih dahulu.

3. Konsumsi suplemen herbal

Manfaat suplemen herbal belum sepenuhnya terbukti di dunia medis namun peneliti telah membuktikan bahwa beberapa suplemen berikut ini mampu meningkatkan sistem imun :
– Ginseng
– Astragalus
– Echinacea
– Jenis jamur ( reishi, maitake, dan shiitake)

https://id.wikihow.com/Memperkuat-Sistem-Imun