Dewasa ini banyak sekali iklan yang menawarkan program menurunkan berat badan. Jika Anda termasuk salah seorang yang akan memulai atau sedang melakukan program tersebut, pastikanlah bahwa program yang Anda ikuti tidak sekadar menurunkan berat badan, tapi juga membuat Anda lebih sehat.

cara-sehat-jalankan-program-menurunkan-berat-badan
cara-sehat-jalankan-program-menurunkan-berat-badan sumber : google

Tujuan Menurunkan Berat Badan
Sebelum mulai menjalani, ketahuilah apa alasan dan tujuan Anda menurunkan berat badan. Dengan mengetahuinya, akan lebih mudah untuk menentukan program seperti apa yang tepat. Pemilihan program yang tepat sangatlah penting agar tujuan Anda tercapai secara optimal. Berikut ini adalah beberapa alasan maupun tujuan seseorang ingin menurunkan berat badannya.
1. Mengidap penyakit tertentu yang disebabkan oleh berlebihnya lemak tubuh dan proses penyembuhannya mengharuskan menurunkan berat badan.
2. Mengalami obesitas sehingga harus segera menurunkan berat badan.
3. Ingin memperbaiki penampilan dengan memiliki berat badan ideal.
4. Ingin membentuk otot tubuh untuk mempercantik penampilan.
5. Ingin membentuk otot tubuh untuk mengikuti kompetisi.
Menurunkan berat badan sebaiknya tidak sekadar mengurangi angka timbangan. Dari berkurangnya angka tersebut, harus dilihat apa yang hilang dari tubuh Anda. Apakah yang hilang itu adalah lemak tubuh, cairan tubuh, atau jangan-jangan massa otot tubuh. Menurunkan berat badan dengan indikator menurunnya angka timbangan dengan cara apapun, dikenal dengan istilah weight loss.
Pada program weight loss, berat badan harus turun tanpa memperhatikan keutuhan massa otot. Turunnya berat badan umumnya akan disertai turunnya massa otot dan cairan tubuh. Dalam dunia fitnes, menurunkan berat badan dengan cara weight loss sangat tidak dianjurkan. Cara yang lebih baik adalah fat loss. Dalam program fat loss, yang dihilangkan adalah lemak tubuh. Sementara massa otot dipertahankan agar tidak menyusut. Fat loss dianggap lebih sehat dari weight loss karena lebih mementingkan unsur kesehatan dan kebugaran.

back-i-rice
Cara Sehat Menurunkan Berat Badan
Cara sehat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh tanpa mengurangi massa otot. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berikut.
1. Menerapkan Pola Makan Sehat
Pola makan terdiri dari kualitas dan kuantitas. Makanan yang Anda konsumsi harus berkualitas, mengandung gizi seimbang. Kurangi jumlah karbohidrat dan lemak, tapi pertahankan atau naikkan jumlah protein. Sertakan pula sumber vitamin, mineral, dan serat. Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Misalnya 4 – 6 kali sehari.
Cara ini membuat tubuh lebih mudah mencerna makanan sehingga mencegah terjadinya timbunan lemak. Dengan menerapkan pola makan seperti ini, Anda akan kehilangan lemak tanpa mengalami defisiensi nutrisi.
2. Disiplin Berolahraga
Lakukan olahraga di gym dengan pengawasan instruktur berpengalaman. Dengan adanya instruktur, gerakan maupun tahapan latihan Anda akan lebih terukur dan terarah. Anda akan dipandu melakukan latihan kardiovaskular maupun weight lifting atau angkat beban. Seluruh otot tubuh harus mendapatkan latihan secara merata. Cara ini bisa melancarkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak lebih efektif. Disiplinlah dalam berolahraga ini agar target dapat dicapai sesuai rencana.
3. Istirahat yang Cukup
Meskipun sedang digenjot mengurangi berat badan, tubuh tetap memerlukan istirahat yang cukup. Selama beristirahat inilah tubuh akan bekerja memulihkan diri dan memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak selama latihan. Cukup beristirahat bisa membuat tubuh menjadi bugar karena mendapatkan kembali energinya.
Demikianlah cara efektif menjalankan program menurunkan berat badan dengan tetap mengutamakan kesehatan. Selamat mencoba.