Walau bayar mahal di tempat fitness, tak berarti Anda boleh berlaku sesuka hati. Selain mematuhi aturan tertulis, Anda juga perlu menjaga sikap. Berikut aturan beretika di tempat fitness untuk pemula.

etika-di-tempat-fitness-untuk-pemula
etika-di-tempat-fitness-untuk-pemula

Kenakan pakaian khusus untuk fitness
Kenakan pakaian dan atribut yang sesuai saat memasuki area fitness. Yaitu pakaian olahraga, lengkap dengan sepatu olahraga. Walau Anda baru kembali dari acara atau bergegas dari kantor, sempatkan lebih dulu untuk berganti pakaian. Selain memudahkan bergerak, mengenakan pakaian olahraga menunjukkan Anda menyesuaikan diri di tempat fitness, tanpa perlu membuat orang lain merasa heran dengan sikap Anda.

etika-di-tempat-fitness-untuk-pemula-1
etika-di-tempat-fitness-untuk-pemula-1

Hindari menguasai alat
Sebagai pemula, entah karena tidak tahu, terlalu asyik, atau merasa sudah membayar mahal untuk keanggotaan, kerap kali orang tampak menguasai sebuah alat dengan menggunakannya terlalu lama. Hindari hal ini jika Anda tidak mau dipandang sinis orang lain, menjadi momok, apalagi jika Anda memang sengaja melakukannya demi kepuasan dan kepentingan sendiri.
Jangan berisik
Memang, tempat fitness bukan perpustakaan. Namun, Anda juga perlu beretika dengan tidak berisik agar tak mengganggu orang lain. Misal, jika Anda bersama teman, tidak perlu mengobrol dengan suara terlalu keras. Begitu juga ketika Anda terlalu berat mengangkat beban, jangan langsung melepas dan membantingnya ke lantai. Sebaliknya, minta bantuan instruktur. Siapa tahu orang lain sedang fokus pada latihan sehingga kebisingan dan suara gaduh bisa memecah konsentrasinya.

memei-333x333-beras-merah-13
Gunakan peralatan dengan rapi
Apa pun alat yang Anda gunakan, kembalikan seperti semula setelah pemakaian. Selesai menggunakan dumbbell misalnya. Jangan meletakkannya tergeletak di mana saja. Selain menyulitkan pengguna lain yang akan menggunakannya, bagaimana jika dumbbell tersandung orang. Selain itu, matikan juga layar monitor selesai menggunakan alat seperti sepeda statis atau treadmill. Selain menghemat listrik, ini juga menghidarkan orang lain terhalang menggunakan alat tersebut karena berpikir masih ada orang yang menggunakannya.
Berlaku secara wajar
Area fitness tempatnya olahraga, jadi fokus saja pada tujuan dan aktivitas fitness untuk pemula yang Anda jalani. Tak perlu memandangi orang walau Anda sebetulnya kagum. Ini menciptakan perasaan tak nyaman bagi orang lain. Jangan juga keasyikan ngobrol hingga abai pada instruksi pelatih.
Untuk itu, patuhi beberapa aturan di atas agar aktivitas fitness untuk pemula yang Anda jalankan membuahkan hasil, tanpa ada masalah berarti.

fb-back-binaraga-ind2