Kendala Industri Fitness Di Indonesia

132

Kendala Industri Fitness Di Indonesia

Kendala Industri Fitness Di Indonesia

Daftar Berbagai Kendala Industri Fitnes Di Indonesia

Berbicara tentang industri fitness di Indonesia, akan dapat dirasakan bahwa bisnis yang satu ini sedang menggeliat dan mulai tumbuh subur. Dilatarbelakangi kebutuhan masyarakat di perkotaan dengan adanya tempat olahraga dengan kualitas menengah hingga atas, menjadikan bisnis ini berpeluang besar sekali.

Akan tetapi, tetap saja bisnis fitnes center mempunyai kendala yang tidak sedikit. Bahkan dengan adanya beberapa kendala yang dialami, membuat beberapa tempat fitnes akhirnya memilih tutup. Well, apa saja kendala yang biasanya paling banyak dihadapi? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Kurang Lengkapnya Sarana Dan Prasarana

Kendala pertama yang paling sering dihadapi adalah kurangnya sarana dan prasarana yang digunakan untuk berolah raga. Keputusan untuk membuka bisnis fitnes center memang harus diimbangi dengan adanya modal yang besar untuk membeli sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Dengan minimnya modal atau sokongan dana perkembangan bisnis ini tidak akan berjalan lancar.

  • Pemasaran Yang Tidak Efektif

Permasalahan lain yang harus dihadapi adalah pemasaran tentang bisnis fitnes dan programnya yang kurang maksimal. Berbeda dengan bisnis semacam ini yang ada di luar negeri, pemasarannya yang cerdas membuat dengan mudah untuk menggaet calon pelanggan. Dengan perkembangan digital yang semakin canggih, tentang pemasaran ini bisa melakukan inovasi dengan memanfaatkan media sosial sebagai pendukung.

Kendala Industri Fitness Di Indonesia
  • Mengembangkan Tempat Fitnes Tanpa Pelatih

Meskipun kebanyakan fitnes center menggunakan trainer atau pelatih dalam menjalankan program atau mendampingi pelanggan dalam melakukan olahraga, tak jarang ada beberapa tempat fitnes yang mandiri tanpa adanya trainer. Hal ini juga menjadi kendala sehingga banyak pelanggan yang tidak tertarik karena mempertimbangkan keamanan.

  • Tekad Dan Niat Yang Kurang Bulat

Berakhirnya operasional fitnes center bisa juga berasal dari minimnya niat dalam membuka dan mengembangkan usaha. Hanya mengikuti trend bisnis fitnes tanpa mempertimbangkan segala sesuatunya terutama niat dan tekad hanya akan menghambat perjalan bisnis ini untuk menjadi besar.

  • Penipuan

Modus penipuan dalam berbagai macam bisnis kini semakin beragam. Begitu pula yang terjadi pada bisnis fitnes. Jenis penipuan yang sering terjadi adalah penyediaan suplemen atau vitamin yang palsu. Trainer yang tidak profesional dan juga tempat fitnes yang masih ilegal sehingga keamanannya masih diragukan.

  • Pelaku Bisnis Yang Minim Jumlahnya

Berkembangnya penikmat fitnes nyatanya tidak diimbangi dengan jumlah fitnes yang ada. Yang paling sering ditemui biasanya adalah fitnes center yang berlaku untuk kalangan menengah atau kalangan atas. Untuk kalangan di bawahnya masih minim. Padahal jumlah peminatnya tergolong banyak. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini sangatlah besar dan harus diikuti dengan adanya passion yang maksimal.

Kendala Industri Fitness Di Indonesia
  • Modal Yang Cukup Banyak

Untuk mendirikan tempat fitnes memang diperlukan biaya yang cukup banyak untuk membeli peralatannya. untuk Anda yang berniat membuka bisnis ini dan terkendala modal bisa mengajak partner untuk menanamkan sebagian modalnya di tempat Anda

Dalam perkembangannya industri fitnes di Indonesia memang berkembang pesat, tapi yang paling banyak adalah untuk kalangan menengah dan atas. Kendala di lapangan seperti yang dikemukakan di atas sering menjadi momok untuk mendirikan bisnis untuk kalangan biasa.

Padahal peminat dari selain kalangan menengah sangatlah banyak. Dengan demikian untuk membuat bisnis fitnes dapat dinikmati berbagai kalangan, kendala tersebut harus segera dicari jalan keluar atau solusi yang tepat.

Menjadi sangat penting untuk memiliki kemampuan mengatasi semua kendala ini. Dalam beberapa hal tertentu, pihak yang berpengalamanlah yang akan memiliki kemampuan dalam problem solving ini. Fitpro Indonesia merupakan layanan konsultasi industri fitness. Jika ini adalah jasa konsultasi yang sedang Anda butuhkan, jangan ragu lagi untuk menghubungi kami di https://fitproindonesia.com.

BACA JUGA >>> https://binaragaindonesia.com/tips-sukses-membuka-usaha-fitnes/