Latihan Lat Pulldown Yang Benar

130
Source : Venna Fitness

Latihan ini dapat membentuk otot latissimus, otot ini terletak di bagian belakang punggung manusia. Apabila otot ini sering dijaga, maka hasil kekar dan proposional akan di dapat. Untuk melakukan latihan ini, dibutuhkan alat fitness yang bernama Lat Pulldown.

Cara menggunakan alat ini yakni sebagai berikut :


– Tarik bar dan posisi tangan harus lebih lebar dari bahu, lalu apabila bar naik keatas, tangan harus lurus.
– Posisi telapak kaki menjejak ke lantai dan lutut dijepit oleh sadel yang biasa ada pada pangkal kursi. Gunanya adalah untuk menjaga agar saat anda menarik tidak memanfaatkan berat badan, tetapi full otot latissimus saja
– Posisi bokong jangan naik turun saat menarik karena jika ikut naik berarti anda memanfaatkan berat badan dan otot latissimus/punggung tidak terlatih dengan baik.
– Rasakan apabila saat menarik beban bahwa anda menariknya dengan cara mempertemukan tulang belikat dipunggung anda (tulang belikat adalah dua lempengan tulang yang menonjol dipunggung atas anda dekat pangkal tangan).
– Lakukan tarik penuh kekuatan batang lat pull down hingga menyentuh dada atas (jika tarikan didepan tubuh) atau menyentuh bahu belakang/leher (jika tarikan dibelakang tubuh).

Adapun beberapa hal yang harus di hindari saat latihan lat pulldown, yakni :

– Genggaman tangan terlalu dekat, karena ini berarti anda akan lebih melatih biceps dan bukan otot punggung anda.
– Membiarkan beban yang menarik tangan anda hingga posisi keatas.
– Posisi ┬átubuh ikut naik dan turun untuk mempermudah tarikan.
– Posisi tidak boleh membungkuk atau punggung terlalu melengkung ke belakang.

Latihan ini dapat melatih otot Punggung, Bisep, dan Perut.