Manakah Waktu Terbaik untuk Fitnes?

0
251

Masyarakat Indonesia sudah semakin sadar akan pentingnya berolah raga. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang pergi ke gym untuk fitnes. Ya, banyak yang memasukan fitnes ke dalam jadwal hariannya. Ada yang datang pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan malam hari. Sebenarnya, kapankah waktu terbaik untuk fitnes? Adakah waktu terbaik agar fitnes memberikan hasil terbaik pula?

Manakah Waktu Terbaik untuk Fitnes?
Manakah Waktu Terbaik untuk Fitnes?

Fitnes Pagi Hari Mengawali hari dengan hal yang baik diyakini dapat membuat sepanjang hari itu berjalan dengan baik pula. Dari anggapan inilah kemudian muncul anggapan bahwa mengawali hari dengan fitnes bisa membawa kebaikan sepanjang hari. Hal ini tidaklah salah karena pada kenyataannya fitnes pagi hari memiliki banyak kelebihan, di antaranya adalah:
– Pada pagi hari, tubuh kita masih terasa segar sehingga bisa melakukan fitnes dengan maksimal.
– Fitnes dapat meningkatkan semangat dan energi sehingga kita bisa lebih bersemangat menjalani aktivitas sepanjang hari.
– Udara di pagi hari masih terasa sejuk sehingga lebih menunjang kebutuhan akan udara bersih.
Meskipun dianggap waktu terbaik, sayangnya tidak semua orang bisa meluangkan pagi harinya untuk fitnes. Umumnya bentrok dengan rutinitas kerja maupun aktivitas harian lainnya yang dimulai sejak pagi hari. Apalagi jika fitnes yang dilakukan adalah program latihan dengan jadwal rutin hampir setiap hari.
Fitnes Siang Hari
Jika Anda memilih siang hari sebagai jadwal fitnes Anda, sebaiknya hindari saat jam makan siang atau atur jadwal makan siang Anda agar tidak berdekatan dengan jadwal fitnes. Jarak aman latihan fisik adalah tidak kurang dari 1 jam sebelum makan. Hindari latihan setelah makan karena akan membebani perut dan nutrisi makanan tidak bisa terserap optimal. Dalam kondisi perut penuh, otot akan lebih sulit berkontraksi. Ini akan mempengaruhi kualitas fitnes yang kita lakukan.

FULL Video Igedz Program Latihan Otot Bahu Di osbond Mega Gym Jakarta 

Fitnes Sore Hari
Sore hari banyak dipilih sebagai waktu yang tepat untuk fitnes. Umumnya, mereka yang memilih sore hari adalah karyawan. Selepas jam kantor, gym menjadi tempat tujuan untuk refreshing dan melepas stres. Idealnya, pada sore hari tubuh berada pada kondisi terbaik untuk fitnes. Namun dengan catatan bahwa energi kita tidak terkuras habis karena pekerjaan.
Malam Hari
Malam hari juga menjadi waktu favorit para fitnes mania dari kalangan karyawan. Pada malam hari, tubuh lebih rileks dan energi sudah mulai pulih setelah seharian bekerja. Namun perlu dicatat bahwa fitnes sebaiknya dilakukan 3 jam sebelum waktu tidur. Selepas fitnes, tubuh mungkin akan terasa lelah tapi akan segera pulih. Tubuh akan lebih berenergi dan lebih bersemangat. Hingga sekitar 3 jam selepas fitnes, kita akan kesulitan tidur. Dalam jangka waktu 3 jam tersebut, kita bisa istirahat pendinginan, kemudian mandi dan bersantai. Selanjutnya, kita bisa tidur pulas.
Sesuai dengan Tujuan
Pemilihan waktu fitnes adalah hak kita sepenuhnya. Semua waktu di atas bisa dikatakan waktu yang baik untuk fitnes. Kita tinggal menyesuaikan jadwal ke gym dengan rutinitas sehari-hari, sehingga tidak menganggu pekerjaan atau aktivitas harian.
Fitnes memang lebih baik jika dilakukan terprogram. Tapi itu tergantung dari tujuan kita mengikuti fitnes, apakah untuk kesehatan semata, memperbaiki penampilan, atau memiliki tujuan lain yang lebih spesifik. Misalnya untuk membentuk otot tubuh atau mengikuti bodycontest, tentunya diperlukan jadwal latihan yang lebih intensif.
Demikian informasi mengenai waktu terbaik untuk fitnes. Semoga bermanfaat.