Telur dikenal sebagai kebutuhan pokok manusia. Hampir semua masyarakat menyukai mengonsumsi telur ayam, dimulai dimasak berupa telur dadar, telur rebus, orak-arik, dll. Telur dikenal dengan makanan bergizi dan berprotein tinggi. Protein telur khususnya telur ayam kampung juga mempunyai kandungan gizi, protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

mengetahui-protein-telur-ayam-kampung-yang-bermanfaat
mengetahui-protein-telur-ayam-kampung-yang-bermanfaat

Berikut ini adalah daftar gizi dan protein telur ayam kampung : kandungan energi 196 kkal, kandungan protein 13 gr, kandungan lemak 15 gr, kandungan karohidrat 0,8 gr, kandungan kalsium 67 mg, kandungan kalsium 64 mg, kandungan fosfor 334 mg, kandungan zat besi 3.3, kandungan vitamin A 213 IU, kandungan B1 0, 31 mg.
Menurut ahli naturopati, telur ayam kampung tidak mengandung kolesterol justru telur ayam mengandung protein yang tinggi. protein pada telur dapat menunda pikun hingga 6 tahun. Asalkan cara memakannya dengan benar, seperti direbus matang maupun setangah matang atau dapat dikonsumsi mentah. Kuning telur mengandung letichin yang merupakan zat atau vitamin yang dapat menurunkan kolesterol, tapi apabila mengonsumsi telur dengan cara digoreng akan merusak letichin dan berubah menjadi kolesterol.

Jadi Rumor yang beredar di masyarakat bahwa jika mengonsumsi telur ayam sama halnya mengonsumsi kolesterol yang dapat menyebabkan jantung koroner itu salah. Sekali lagi perlu diingat bahwa mengonsumsi telur tidak menyebabkan kolesterol, asal dimasak dengan cara yang benar!

Manfaat protein telur ayam kampung untuk kesehatan, antara lain menjaga stamina, menyembuhkan gangguan paru-paru, memperkuat otot dan stamina, menyehatkan jantung, mencegah kanker, membantu kehamilan, dan masih banyak lagi.