Seperti tahun sebelumnya, banyak dari kita memulai tahun 2021 dengan membuat resolusi Tahun Baru seperti memiliki tubuh yang lebih kuat, lebih bugar, dan lebih sehat. Meskipun pada akhirnya hanya sebagian orang yang berhasil berpegang teguh pada resolusi yang dibuat hingga akhir tahun, dan kenapa tidak, Anda dapat menjadi satu dari sebagian orang-orang tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan flashback singkat ke belakang apa saja pelajaran yang kita dapatkan dari tahun 2020, sebagai acuan untuk menetapkan target diri sendiri yang ingin dicapai untuk 2021.

Meskipun COVID-19 menjadikan tahun 2020 sebagai tahun yang menantang bagi banyak orang, namun tahun 2020 mengajarkan kita pentingnya tentang nilai kebugaran tubuh dan kesehatan mental. Pandemi memberikan banyak kesadaran tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan serta menjaga sistem imunitas tubuh kita. Olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit, memperkuat tubuh dan meningkatkan kesehatan mental kita. 

4 Tips Agar Target Program Kebugaran Anda Tercapai

Sebelum Anda menetapkan resolusi kebugaran Tahun Baru, simak tips berikut untuk menetapkan target yang sangat possible untuk Anda capai.

  1. Cerdas

Salah satu metode terbaik untuk menetapkan target kebugaran yang dapat dicapai adalah dengan menentukan target yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. 

Berikut cara kerjanya;

Khusus: Sasaran yang tidak jelas sulit untuk dicapai, karena jika Anda tidak menentukan sesuatu yang pasti, Anda tidak akan tahu kapan Anda telah mencapainya. Jadi hindari sesuatu yang ambigu seperti, “Saya ingin menurunkan berat badan,” jangan lupa untuk menuliskan jumlah kg tertentu yang ingin Anda kurangi atau Anda tambahi.

Terukur: Target kebugaran Anda harus dapat diukur, sehingga Anda dapat melacak progress yang sudah Anda lakukan. Dengan sasaran yang terukur, Anda dapat mengetahui dengan pasti kapan Anda telah mencapai suatu pencapaian.

Dapat dicapai: Target kebugaran Anda harus realistis, untuk menghindari kekecewaan dikemudian hari. Lihat kapasitas Anda saat ini dan apa yang secara wajar dapat Anda capai, dengan mempertimbangkan jadwal Anda dan komitmen lainnya.

Relevan: Relevansi adalah alasan di balik tujuan Anda, bagaimana dengan mencapai tujuan itu membuat kualitas hidup Anda meningkat. Ketika tujuan kebugaran Anda relevan, tentu Anda akan lebih termotivasi untuk melakukan usaha yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.

Terikat waktu: Menetapkan batas waktu untuk tujuan kebugaran adalah untuk mendorong Anda agar tetap pada jalurnya, sehingga Anda tidak menyimpang dari garis waktu. Pastikan tenggat waktu Anda realistis, namun tetap menantang.

Jika target kebugaran 2021 Anda sudah sama dengan karakteristik diatas, Anda akan jauh lebih mungkin untuk mencapainya.

2. Fokus 

Selain membuat jadwal olahraga yang disiplin untuk dilakukan di gym atau dirumah, cobalah untuk memasukkan beberapa tolak ukur yang berkaitan dengan makanan yang baik dan benar, kesehatan mental, dan aktivitas baik lainnya. Menetapkan beberapa tujuan untuk dicapai di luar gym akan membantu Anda mencapai gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan.

3. Jadikan Olahraga Menyenangkan

Secara alami, Anda akan lebih cenderung muncul di gym dan tetap berpegang pada resolusi Anda jika Anda senang berolahraga. Meskipun beberapa latihan intensitas tinggi mungkin dapat membakar lebih banyak kalori dalam satu sesi, namun akan lebih bermanfaat bagi Anda untuk memilih jenis olahraga yang dapat Anda lakukan secara konsisten terus menerus. Ada banyak cara untuk menantang diri Anda sendiri, untuk membuat aktivitas olahraga menjadi menyenangkan dengan menemukan jenis olahraga yang paling menarik untuk Anda.

Cara lain untuk menjaga aktivitas olahraga tetap menyenangkan adalah dengan sering melakukan program latihan beragam. Jika Anda adalah tipe orang yang cepat bosan dengan rutinitas yang sama setiap hari, cara ini dapat menjadi solusi untuk membuat diri Anda tetap bersemangat saat berolahraga.

4. Jangan Lupa Istirahat

Walaupun antusias itu baik, namun jangan lupa bahwa dengan memaksa diri Anda secara maksimal setiap hari mungkin tidak akan membantu Anda mencapai resolusi Tahun Baru untuk tahun 2021. Banyak target gagal karena kita terlalu bersemangat dan bekerja keras di awal, sehingga membuat tubuh cepat lelah atau cedera karena melakukan latihan secara berlebihan. Cedera dan kelelahan yang berlebihan dapat menggagalkan program latihan dan progress menuju target kebugaran Anda.

Untuk menghindari kelelahan atau cedera, berikan jadwal satu atau dua hari istirahat dalam jadwal olahraga mingguan Anda. Pastikan jadwal latihan Anda berkelanjutan, dengan memberikan jeda di sela-sela program. Jika Anda ingin tetap berolahraga, Anda dapat melakukan aktivitas seperti jalan santai atau yoga. 

Dengan latihan lebih cerdas, bukan lebih keras, Anda akan mencapai tujuan kebugaran Anda dalam waktu singkat. Selamat mencoba dan sukses untuk Anda!