Sumber Protein Lokal Anti Kantong Bolong

403

Ikan cakalang merupakan makanan olahan khas dari manado, ikan ini memiliki segudang manfat manfaat bagi tubuh manusia. Ikan yang termasuk kedalam keluarga tuna, yaitu Scombridae, memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit namun terdapat kandungan protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan alternatif bagi fitness mania yang sedang mencari tambahan protein hewani.

Menurut penelitian, dalam 100gr ikan cakalang setidaknya terdapat 131 kalori, 28 gram protein, dan 1,3 gram lemak. Jumlah protein ini lebih banyak dibandingkan dengan protein yang terdapat di dalam 112 gram tuna yaitu, hanya sekitar 20 gram. ikan cakalang juga memiliki vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh dan kaya akan Omega 3, terdapat setidaknya 1mg vitamin B6, Natrium 47mg, Kalium 522mg, kalsium 37mg, zat besi 1,6 mg, serta kadar kolestrol sebesar 60mg.

Kita dapat menemukan ikan jenis ini di banyak pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau dan menjadikannya seebagai alternatif asupan protein harian, selain kaya akan protein yang dipercaya dapat membantu perkembangan masa otot, Ikan cakalang juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:

  1. Menjaga kadar gula darah 
  2. Mengurangi risiko peradangan
  3. Menjaga kesehatan jantung
  4. Mencegah anemia
  5. Memperkuat sistem imun kita
  6. Sumber protein lengkap
  7. Mengurangi risiko demensia
  8. Meningkatkan kesehatan tulang
  9. Menjaga tekanan darah