Latihan otot kaki diperlukan untuk membentuk kaki yang kokoh. Kaki adalah penopang tubuh paling utama. Tanpa kaki yang kokoh badan dan lengan kekar tidak berfungsi baik. Bisa dibayangkan jika seseorang memiliki tubuh dan lengan berotot, tetapi kakinya ramping dan lemah. Maka posturnya akan tampak aneh. Kaki yang kuat dan kokoh juga berpengaruh pada kemampuan tubuh dalam mengangkat beban berat. Jika kaki lemah maka tubuh akan mudah goyah sehingga rawan menderita cedera
Latihan otot kaki dapat dilakukan di rumah dengan beberapa langkah dan gerakan mudah, yaitu:

video-igedz-latihan-otot-kaki
video-igedz-latihan-otot-kaki

1. Squat
Gerakan squat adalah gerakan berjongkok kemudian berdiri ke posisi semula. Latihan ini efektif untuk membentuk otot paha dan betis.
2. Calf Raise
Gerakan ini berfungsi membentuk otot betis. Berdiri lalu jinjitkan kaki dan kembali ke posisi awal. Bisa juga ditambah beban di kedua tangan dan menggunakan pijakan ujung kaki setinggi tumit untuk meningkatkan kesulitan.
3. Lunges
Merupakan latihan untuk membentuk otot paha dan betis. Latihan dilakukan dengan cara melangkahkan satu kaki ke depan, turunkan satu lutut kaki lainnya hingga menyentuh lantai lalu kembali ke posisi tubuh semula yaitu berdiri tegap.
4. Step Up
Gerakan ini mirip gerakan menaiki tangga. Latihan step up membantu menguatkan otot betis, paha, dan pergelangan kaki. Bisa dilakukan dengan naik turun pijakan kaki menggunakan anak tangga atau kursi.