Istilah-istilah dan Pengertiannya dalam Ngegym 2

By binaraga / Published on Senin, 05 Des 2016 14:56 PM / No Comments / 16065 views

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah mengetahui beberapa istilah dalam ngegym. Pada artikel istilah-istilah dan pengertiannya dalam ngegym 2 ini akan dibahas istilah lainnya yang berkaitan dengan jenis otot dan jenis latihan.

istilah-istilah-dan-pengertiannya-dalam-ngegym-2
istilah-istilah-dan-pengertiannya-dalam-ngegym-2 sumber : google

Abdomen : otot perut. Biasa disingkat abs. Jika sudah terbentuk, otot ini akan tampak seperti 6 – 8 kotak. Otot inilah yang terkenal dengan istilah sixpack.
Pectoral: otot dada, sering juga disebut chest.
Triceps: otot lengan bagian luar.
Biceps: otot lengan bagian dalam.
Trapezius: otot pundak antara leher dan bahu, sering juga disebut shoulder.
Latissimus: otot punggung, sering juga disebut back.
Quadriceps: otot paha.
Calves: otot betis, sering juga disebut legs.
Core: otot inti, yaitu otot peut dan otot punggung.
Form: gerakan latihan.
Routine: jadwal latihan.
Bodyweight training : jenis latihan yang hanya menggunakan beban tubuh, tidak menggunakan alat bantu lain sebagai bebannya. Misalnya adalah push up, pull up, squat, dan sebagainya. Latihan ini sering juga disebut calisthenics.
Weight training : jenis latihan yang menggunakan alat beban. Misalnya mengangkat dumbel atau barbel.
Angkat beban: mengangkat beban dengan gerakan dan berat beban tertentu, bertujuan untuk melatih otot agar kuat dan membesar, serta menstimulus munculnya otot baru.
Core training: latihan otot inti, yaitu otot perut dan otot punggung.
Isolation training: gerakan melatih satu jenis otot tertentu saja.
Compound training: gerakan melatih lebih dari satu jenis otot.
One-rep Max atau 1RM : beban paling berat yang bisa diangkat dengan sempurna dan hanya dilakukan sebanyak 1 (satu) kali angkat. Jika beban tersebut masih bisa diangkat ke-2 kalinya atau bahkan lebih, tidak bisa dikategorikan 1RM.
Dropset: latihan angkat beban dimulai dari beban paling berat yang bisa diangkat, kemudian dikurangi bebannya secara bertahap namun repetisinya ditambah secara bertahap juga dalam setiap setnya. Latihan ini berakhir saat terjadi failure. Pada masa ditemukannya teknik ini, sekitar tahun 1947, dropset lebih dikenal dengan nama stripset.
Failure: kegagalan atau batas kemampuan, yaitu kondisi di mana fitnes mania mengalami kegagalan melakukan repetisi atau menyelesaikan set. Kita tidak sanggup lagi mengangkat beban sehingga menyerah atau memerlukan bantuan orang lain (spotter). Failure sebenarnya pertanda baik. Artinya kita menemukan beban yang pas untuk latihan yang optimal.
Spotting: mengawasi latihan orang lain untuk memberikan bantuan ketika orang tersebut mengalamai failure. Bantuan hanya diberikan ketika terjadi failure di mana orang tersebut tak lagi bisa menahan beban. Jika tidak dibantu, akan beresiko terjadinya cedera.
Spotter: orang yang melakukan spotting.
Superset: latihan dua gerakan secara berurutan tanpa jeda atau istirahat. Gerakan dalam superset melibatkan semua otot secara bersamaan maupun berlawanan. Latihan ini dianggap paling efektif untuk memperbesar dan membentuk otot.
Pyramid: latihan beban dimulai dari beban ringan dengan repetisi banyak, kemudian secara bertahap bebannya ditambah namun repetisinya dikurangi pada setiap setnya. Teknik ini adalah kebalikan dari dropset.
Cool down: pendinginan, yaitu latihan dengan beban atau gerakan ringan pada sesi akhir latihan. Tujuannya adalah untuk menurunkan denyut nadi atau detak jantung secara bertahap kembali ke kondisi normal.
Stretching: peregangan, yaitu melakukan gerakan-gerakan yang dapat meregangkan otot tubuh supaya lebih lentur saat latihan atau setelah latihan.
Juice atau jus: steroid. Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan termasuk bahasa slang atau pelesetan.
Gun show: bahasa slang untuk menyebut otot lengan.
Demikian informasi mengenai istilah-istilah dan pengertiannya dalam ngegym 2. Semoga bermanfaat.

Putu Sembah Manager Personal Trainer Gold’s Gym Serpong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button