Mengenal Nama Alat Fitness dan Manfaatnya

By binaraga / Published on Kamis, 20 Jun 2019 02:22 AM / No Comments / 99 views

Seringkali saat kita ingin ngegym untuk yang pertama kali, ada rasa canggung dan gugup di karenakan masih awam atau belum tahu alat apa saja yang harus dipakai untuk latihan dan manfaatnya.
Disini saya akan membagikan manfaat dan nama alat fitness.

Berikut ini adalah nama-nama Alat Fitness :

1. Cross Trainer

Mesin ini merepresentasikan cara kita berjalan. Dengan Cross Trainer ini kita melatih otot kaki yang biasa kita pakai untuk berjalan dengan cara menambahkan tekanan yang harus kita lakukan lebih dari ketika kita berjalan biasa.

2. Treadmill

Jika melihat alat yang 1 ini yakni treadmill mungkin telah terbayang untuk kegunaan alat ini yakni untuk olahraga lari. Alat ini juga bisa membantu membakar lemak dalam tubuh dan untuk latihan cardio. Dengan alat treadmill, kita bisa mengatur latihan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya jalan cepat, jalan santai, lari menanjak dan jogging. Kita bisa mengatur tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

3. Upright Bike

Upright Bike adalah alat untuk bersepeda di dalam ruangan. Tidak hanya untuk melatih otot kaki, alat ini umumnya dipakai untuk membakar lemak atau cardio. Tekanan dan kecepatan dalam mengayuhnya dapat diatur menyesuaikan dengan kemampuan kita.

4. Recumbent Bike

Recumbent Bike merupakan salah satu alat fitnes cardio jenis sepeda statis magnetik, tapi dengan posisi duduk secara horizontal. Jika biasanya anda berlatih sepeda pada posisi vertical, yakni duduk dengan posisi kaki ke bawah, sebab pedal terletak lebih rendah dari tempat duduk, maka recumbent bike pada posisi horizontal, yakni posisi tempat adaduduk sejajar dengan pedal. Maka dengan begitu, aktifitas olahraga anda akan lebih santai, terutama apabila anda baru saja sembuh dari operasi atau sakit, dan berada pada masa pemulihan.

5. Lat Pull Down

Ini adalah alat fitness yang dipakai untuk memperkuat otot latissimus dorsi atau lats. Cara memakainya adalah dengan menarik gagang ke bawah, dengan menjaga siku dan punggung tetap lurus. Hindari membungkukkan tubuh Anda untuk mendapatkan bantuan dari otot perut dan dada. Otot yang dipakai untuk alat ini adalah punggung atas dan punggung bawah, khususnya lats dan bisep.

6. Rowing Machine

Mesin ini merupakan mesin kardiovaskular yang canggih. Alat ini sama hal nya seperti mendayung. Anda harus mendorong dengan kaki, sementara menarik dengan lengan. Koordinasi begitu diperlukan dalam mendayung, disamping itu Anda juga melibatkan inti otot perut untuk mendukung dan melindungi punggung Anda. Sebab hal ini melibatkan begitu banyak kelompok otot, maka pendayung akan membakar banyak kalori. Tapi, mesin ini tidak disarankan untuk orang yang tidak fit dan juga tidak di sarankan untuk orang yang jarang olahraga.

7. Chest Press

Chest Press adalah alat untuk melatih otot pectoralis atau dada bagian tengah. Fokus latihannya seperti memakai alat fitness bench press tapi dengan arah dorong ke depan. Kelebihannya adalah bentuk pegangan nya memungkinkan gaya dorong secara horizontal atau vertical yang memberikan efek tekanan yang berbeda pada otot dada.

8. Pectoral Machine

Type alat fitness ini dirancang untuk mengisolasi dan mempekerjakan bagian dada. Untuk betul-betul melakukan latihan ini, duduk menghadap kebelakang dengan menekuk siku 90° pada level pertengahan dada. Dorong gagang hingga berada di depan wajah Anda. Tarik napas saat membuka lengan dan keluarkan napas ketika menariknya lagi. Otot yang dibangun adalah bahu (deltoids) dan otot dada (pectoralis major).

9. Smith Machine

Fungsi Smith Machine adalah sebagai penopang biar gerakan kita menjadi stabil ketika memakai mangangkat barbel sehingga risiko cidera pun dapat terhindar. Alat ini juga meungkinkan kita untuk memakai barbell dengan posisi badan berbaring di bench.

10. Leg Extension/Leg Curl

jenis alat ini ada 2 jenis latihan dalam 1 alat yakni leg curl dan leg estension. Alat ini berfungsi untuk pembentukan otot paha belakang (Hamstring) dan otot paha depan (Quadriceps).

11. Back Hyperextension

Bangku ini biasanya digunakan untuk melatih otot bokong, punggung dan paha. Alat ini sebetulnya memudahkan kita untuk melakukan jenis latihan back up.

12. Gym Ball

Gym Ball adalah sebuah bola karet yang berisi udara. Alat ini dipakai sebagai penopang badan seperti sebuah bench, semua latihan yang dapat anda lakukan di bench dapat juga anda lakukan dengan alat ini. Bentuk bola yang bundar dan tidak stabil akan membuat keseimbangan anda meningkat apabila melakukan latihan dengan alat ini.

13. Abdominal Bench

Alat ini membantu kita untuk melakukan sit up. Dengan alat ini anda dapat melakukan variasi gerakan crunch dan sit up yang lebih banyak daripada tanpa memakai alat ini. Selain itu alat ini juga membantu untuk meningkatkan efektifitas dan intensitas gerakan crunch dan sit up.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button