Cara Membentuk Otot Dada dengan Cepat di Rumah, Gampang Dilakukan

By binaraga / Published on Selasa, 04 Jun 2019 17:28 PM / No Comments / 269 views

Cara Membentuk Otot Dada

Mempunyai otot dada merupakan impian banyak kaum Adam. Untuk sebagian besar pria, mempunyai badan yang berotot menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, otot dada yang kencang diyakini dapat membantu menunjang penampilan. Tidak heran, banyak pria yang melakukan olahraga tertentu sebagai cara untuk membentuk otot dada.

Tidak hanya memperbaiki postur badan, melatih otot-otot badan juga nyatanya bisa meningkatkan metabolisme badan. Sehingga akan membuat kamu tetap kuat dan sehat di usia tua. Otot yang mengalami kontraksi membuat badan lebih sensitif pada hormon insulin dan meningkatkan kemampuan otot dalam memakai glukosa. Sebagai hasilnya, badan terbantu dalam membakar zat gula darah. Keadaan ini pada akhirnya bisa melindungi kamu dari resiko diabetes.

Tidak hanya pergi ke tempat fitness, cara membentuk otot dengan cepat juga bisa dilakukan di rumah. Cara membentuk otot ini bahkan gampang dilakukan. Tertarik mengetahui cara membentuk otot dada dengan cepat? Berikut ini ragam cara untuk membentuk otot dada dengan cepat di rumah. Dibawah ini ada beberapa cara untuk membentuk otot dada dengan olaharaga Push Up yaitu sebagai berikut :

1. Push Up

Push up
Olahraga push up adalah langkah yang tepat untuk dilakukan sebagai cara membentuk otot dada. Tidak hanya bisa melatih otot bagian dada, dengan melakukan latihan push up ini akan membentuk otot bagin lainnya seperti otot lengan. Push up merupakan salah satu jenis latihan ringan yang gampang dan umum dilakukan untuk menguatkan otot lengan, dada dan bahu kamu. Latihan ini juga tidak memakai alat dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk juga di rumah.

2. Plyometric Push Up
Pada dasarnya plyometric push up mempunyai gerakan yang hampir sama juga dengan push up pada umumnya. Tapi yang membedakan ke dua jenis latihan ini adalah plyometric push up menambahkan dorongan melompat dengan memakai tangan pada setiap gerakan push upnya. Gerakan ini begitu efektif sebagai cara untuk membentuk otot dada. Disamping itu secara bersamaan kita juga akan melatih otot lengan sebab beban badan juga bertumpu pada lengan saat melakukan dorongan melompat dengan lengan. Disamping itu, gerakan cara untuk membentuk otot dada satu ini gampang dilakukan dimanapun.

Cara untuk membentuk otot dada dengan plyometric push up yaitu :

– Posisikan badan seperti push up biasanya.

– Dorong badan ke atas dengan ke dua tangan kamu.

– Pada saat badan diatas, tambahkan gerakan mendorong badan seperti akan melompat dengan tangan.

3. Weighted Push Up
Gerakan ini merupakan variasi push up yang menambahkan beban diatas punggung. Cara untuk membentuk otot dada dengan gerakan ini adalah saat kamu berada pada posisi push up, sebuah beban ditempatkan di atas punggung. Gerakan ini merupakan salah satu cara untuk membentuk otot dada yang gampang.

Langkah-langkah cara untuk membentuk otot dada dengan weighted push up yaitu :

– Ambil posisi push up seperti pada umumnya

– Minta seseorang untuk menempatkan beban di punggung kamu Turunkan badan hingga dada sampai hampir menyentuh lantai

– Tahan sebentar kemudian dorong badan kembali ke atas

– Lakukan gerakan ini hingga beberapa kali.

4. Archer Push Up
Archer push up adalah push up dengan mengandalkan kekuatan salah satu tangan kamu. Gerakan ini merupakan salah satu alternatif cara untuk membentuk otot dada yang efektif. Latihan ini tidak cuma membentuk otot dada saja, namun juga bisa mengembangkan otot tricep, bahu dan perut.

Langkah-langkah cara untuk membentuk otot dada dengan archer push up yaitu :

– Ambil posisi push seperti pada umumnya, namun lengan kanan ditempatkan secara lurus ke samping

– Turunkan badan hingga dada sampai hampir menyentuh lantai, pakai tangan kiri untuk menahan beban badan kamu

– Dorong badan kembali ke atas, lakukan ini sampai beberapa kali

– Setelah itu, tukar posisi tangan kamu untuk menahan beban badan

Cara membentuk otot dada di rumah dengan gerakan lainnya

– Tidak hanya olahraga push up dan variasinya, ada beberapa gerakan lain yang bisa dipakai sebagai cara untuk membentuk otot dada yang efektif.

5. Rotation Push Up
Rotation push up juga mempunyai gerakan dasar yang sama juga dengan push up dan merupakan cara membentuk otot dada yang efektif. Yang membedakan rotation push up dengan push up pada umumnya adalah gerakakan tangan yang turun naik secara bergantian kanan dan kiri.

Langkah-langkah cara untuk membentuk otot dada dengan rotation push up adalah :

– Posisikan badan seperti push up.

– Pakai awalan dari atas dengan ke dua tangan tegak.

– Secara bergantian tekuk tangan kiri dan kanan sambil tangan yang lain menahan beban badan.

– Lakukan sekitar 3 set 10 kali secara rutin.

6. Chair dips
Chair dips adalah salah satu latihan cara untuk membentuk otot dada yang bisa dilakukan di rumah. Latihan ini dilakukan dengan cara memakai media kursi atau media lainnya yang dapat menompang berat badan saat melakukan latihan chair Dips. Latihan ini merupakan variasi gerakan dalam pembentukan otot lengan dan otot dada, sehingga otot yang terbentuk banyak bagian yang terbentuk secara merata.

Cara untuk membentuk otot dada dengan chair dips yaitu :

– Posisikan tangan kamu selebar bahu pada kursi.

– Angkat tubuh secara perlahan-lahan dengan tangan kamu.

– Tekuklah lutut ke arah belakang kemudian turunkan badan secara perlahan-lahan.

– Ulangilah sebanyak 15 kali dan lakukan sebanyak 4 set.

7. Pull up
Pull up merupakan cara untuk membentuk otot dada yang banyak digemari. Walau terdengar gampang, untuk dilakukan. Tapi pull up sebetulnya mempunyai tingkat kesulitan yang jauh di atas dari latihan sebelumnya. Pasalnya, saat pull up beban badan akan betul-betul bertumpu pada otot bagian atas saja, yaitu otot lengan, otot dada, otot bahu dan otot punggung.

Cara untuk membentuk otot dada dengan pull up yaitu :

– Posisikan badan di bawah palang.

– Genggam palang yang ada di atas badan kamu.

– Secara perlahan-lahan angkat badan kamu hingga bahu sejajar dengan palang.

– Tahan beberapa saat kemudian turunkan badan secara perlahan-lahan.

– Lakukan pengulangan sekitar 3 set 20 kali secara rutin.

8. Plank
Plank merupakan salah satu cara untuk membentuk otot dada yang cepat dan gampang. Hal itu dikarenakan dalam melakukan plank, otot pada sekitar dada akan bekerja ekstra sehingga pembentukannya pun makin cepat. Selain tidak membutuhkan alat bantu apa pun, plank bisa dilakukan di mana saja.

Tips cara untuk membentuk otot dada di rumah

Tidak hanya rajin olahraga, cara untuk membentuk otot dada yang cepat juga harus memperhatikan waktu istirahat dan asupan gizi. Nah, ini ada beberapa tips cara untuk membentuk otot dada yaitu sebagai berikut :

– Mengkonsumsi kombinasi protein-karbohidrat sebelum latihan

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung karbohidrat dan protein bisa meningkatkan pembentukan protein otot. Fakta ini pasti membantu cara untuk membentuk otot dada dengan cepat. Usahakan untuk mengkonsumsi kombinasi protein sebanyak 20 gram dan karbohidrat sebesar 35 gram 30 sampai 60 menit sebelum kamu olahraga.

– Mengoptimalkan konsumsi protein

Protein merupakan salah satu bahan penting sebagai cara untuk membentuk otot dada. Maka dengan begitu, kamu harus mengoptimalkan asupan protein harian apabila ingin membentuk otot dalam waktu yang cepat.

Kamu sebaiknya memasok protein harian sebanyak 12 hingga 15 % dari jumlah kalori harian kamu. Sementara sisanya yaitu 55 hingga 60 persennya adalah karbohidrat dan 25 hingga 30 persennya lemak. Makanlah makanan yang kaya protein seperti almond, kedelai, lentil, kacang polong, bayam, keju, telur, dada ayam dan juga susu. Selain itu, usahakan untuk tidak mengurangi konsumsi kalori kamu setiap harinya.

– Mengkonsumsi karbohidrat sesudah latihan

Agar cepat pulih sesudah latihan cara untuk membentuk otot dada, badan butuh karbohidrat yang cukup. Apabila asupan karbohidrat di dalam badan mencukupi, badan tak perlu mengambil cadangan protein yang berasal dari otot untuk dijadikan energi. Sehingga hal ini tidak akan mengurangi massa otot. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sesudah olahraga juga dapat meningkatkan kadar insulin sehingga dapat memperlambat proses pemecahan protein oleh badan.

– Beri jeda istirahat sesudah latihan

Walau terobsesi ingin mempunyai otot dada secara cepat, janganlah lupa untuk istirahat. Sesudah kamu melakukan latihan keras selama seharian, usahakan untuk menyempatkan waktu untuk beristirahat keesokan harinya. Pasalnya, Otot akan mulai tumbuh dan terbentuk saat kamu sedang beristirahat. Penelitian menunjukkan latihan ketahanan badan yang cukup keras itu bisa meningkatkan proses pembentukan protein hingga 48 jam sesudah sesi latihan selesai. Maka dari itu, usahakan untuk beristirahat dengan tidur yang cukup keesokan harinya sebagai cara membentuk otot dada yang cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button